Sabtu, 18 September 2010

Tips Mengatasi Sulit Tidur

 Tidur adalah suatu relaksasi dimana kita menghentikan semua kegiatan aktif sehari-hari, dan tidur merupakan cara alamiah bagi tubuh untuk memulihkan diri. Menurut penelitian, bila tidur terganggu maka kita bisa mengalami hal-hal sebagai berikut :
* Mengganggu prestasi kerja (menurun 30% bila kita berhutang 1,5 jam untuk tidur) * Meningkatkan kecelakaan kerja
* Kegemukan
* Kepikunan
* Impotensi
* Kematian (bila tidak tidur selama 2 minggu) Walah.. ada impotensi juga to.. ngeri.. kita harus hati-hati. Dan berikut adalah tips agar lekas dan pulas tidur :
* Jangan terlalu banyak makan sebelum tidur. Makanlah pada waktu berjarak paling cepat 2 jam dari waktu tidur.
* Minum susu hangat akan membantu terlelap. Kalsium dan protein dalam susu membantu menenangkan saraf.
* Latihan pada sore hari baik dilakukan asalkan jangan terlalu keras dan tidak dekat dengan waktu tidur (kira-kira 2-3 jam sebelum tidur). Gerak badan akan membuat darah turun ke kaki dan kondisi ini baik untuk memicu kondisi relaks.
* Tidurlah dengan lampu dipadamkan agar melatonin dapat bekerja sempurna merangsang pusat tidur dan memicu berbagai proses pemulihan. * Kenakan pakaian yang longgar agar dapat bernapas dengan leluasa. * Kenakan kaus kaki bila perlu. Terutama bila tidur di tuangan ber-AC. Rasa dingin di kaki bisa membuat kaki kram dan membuat sering terbangun di malam hari
. * Jangan minum terlalu banyak menjelang tidur karena Anda akan terpaksa bangun untuk mengosongkan kantung urin.
* Jangan membaca di tempat tidur karena bisa memperpanjang fase pra-tidur. Naiklah ke ranjang bila sudah ngantuk. Pilih bacaan yang ringan, bukan yang menegangkan atau yang menguras emosi agar terhindar dari mimpi buruk dan mimpi sedih. Sebaiknya pilih bacaan yang sulit sehingga otak lelah dan Anda lebihterpicu untuk tidur. ]
Tips Mengatasi Sulit Tidur dikutip dan diedit seperlunya dari : Rahasia Cerdas Ibu Lifebuoy 2004

1 komentar:

Baju anak online mengatakan...

thanks infonya.Sy punya kebiasaan baru bisa tidur setelah baca buku dulu.Sampai skrg gak bisa lepas dr habit itu