Minggu, 29 Agustus 2010

Komponen Nilai Alexa Rank

ALEXA TRAFIK (REACH) DAN ALEXA PAGEVIEWS 
 Alexa Trafik (Reach)

Komponen pertama tersebut adalah Alexa Traffic yakni total pengunjung blog kita yang tercatat pada server alexa. Trafik ini tidak sama dengan trafik murni blog kita. Kenapa? Karena alexa memiliki cara sendiri untuk menghitung seberapa banyak pengunjung sebuah situs atau website, yakni melalui alexa toolbar maupun alexa widget.

Jadi disini tidak semua pengunjung asli blog kita akan tercatat di server alexa melainkan pengunjung yang data-datanya terkirim ke pusat database alexa melalui sebuah script tertentu baik itu melalui alexa toolbar maupun alexa widget. Sehingga perlu ditekankan bahwa alexa trafik ini bukan perkara trafik murni website kita.

Sehingga, jumlah asli pengunjung blog kita akan dipilah menjadi dua bagian oleh Alexa, pengunjung yang tercatat dan yang tidak tercatat di pusat data alexa.

Data alexa trafik untuk semua alamat website yang ada pada database alexa akan diolah untuk kemudian dirangking atau diurutkan mulai dari yang tertinggi hingga terendah menjadi alexa reach.

Saat ini situs google.com yang memiliki nilai alexa reach tertinggi yakni sekitar 28%. Ini berarti bahwa sebanyak 28% data semua pengunjung yang tercatat di server pusat database alexa itu berasal dari situs google.com (termasuk subdomain-subdomainnya, misal mail.google.com, images.google.com, adwords.google.com, dll)

Alexa Pageviews

Komponen kedua adalah Alexa Pageviews yakni rata-rata jumlah halaman yang dilihat oleh para pengunjung blog kita, dan tentunya adalah pengunjung yang datanya terkirim ke server alexa melalui alexa toolbar maupun alexa widget.

Perhitungan Alexa Pageviews untuk seorang pengunjung yang berkali-kali mengunjungi satu URL halaman web yang sama maka alexa akan menghitungnya sebagai satu kali pageview. Jika pengunjung membuka dua halaman berbeda maka ini akan dihitung sebagai dua kali pageviews.

Contohnya adalah friendster.com yang memiliki nilai alexa pageviews sebesar 22. Artinya rata-rata setiap pengguna friendster membuka 22 kali halaman berbeda setiap kali visit... Hehe... Jadi bisa disimpulkan disini bahwa alexa pageviews adalah sama dengan tingkat keloyalan pengunjung sebuah situs blog atau website.

Alexa Rank Subdomain sama dengan Alexa Rank Domain Utama

Nilai alexa rank dari sebuah domain dengan banyak subdomain akan tetap dihitung untuk level domain utama saja. Misalnya yahoo.com dengan banyak subdomain seperti mail.yahoo.com, search.yahoo.com, news.yahoo.com. Jadi nilai alexa yang muncul untuk semua subdomain adalah sama seperti nilai alexa rank domain utamanya saja.

Kecuali bagi subdomain yang sudah dikenali oleh alexa sebagai situs personal atau blog, nilai alexa rank akan berbeda tiap subdomainnya. Contohnya adalah blogger.com dengan subdomain blog-blog blogspot seperti blog biru ini anangku.blogspot.com akan dihitung berbeda tiap subdomainnya. Situs penyedia layanan blog lokal masih belum dikenali alexa sebagai blog sehingga semua blog di blogdetik akan memiliki nilai alexa yang sama, begitupula pada blog-blog di dagdigdug.

Tidak ada komentar: